BULETIN TERAS KPI

BULETIN TERAS KPI

Tuesday, May 3, 2011

'' Sejarah Singkat Fidkom UIN ''

Sejarah Singkat FDK UIN Jakarta (KPI)
            Pada tahun 1946, fakultas usuludin yang saat ini beralamat di Jalan Cemara No.42 Menteng, Jakarta Pusat, membuka jurusan Dakwah untuk tingkat doktoral. Jurusan dakwah ini mengeluarkan alumninya (sarjana lengkap) untukpertama kali apda tahun 1968. Jurusan Dakwah Ushuludin IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini merupakan cikalbakal Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
            Fakultas Dakwah dan Komunikasi merupakan nama baru Fakkultas Dakwah yang ditetapkan sejalan dengan perubahan IAIN menjadi UIN berdasarkan keputusan presiden RI No.31 Tahun 2002. Tambahan “komnikasi” itu sejalan dengan visi UIN Syarif Hidayatulah Jakarta, yaitu integrasi keilmuan, keislaman, kemanusiaan dan keindonesiaan.

            Pada tahun 1990, IAIN Jakarta meresmikan berdirinya Fakultas Dakwah. Fakultas ini mulai menerima mahasiswa pada tahun akademik 1990/1991. Pada saat pertama kali dibuka Fakultas Dakwah memiliki satu jurusan, yaitu Jurusan penerangan dan penyiaran agama (PPA) yang kemudian berubah nama menjadi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) pada saat itu masih Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dengan demikian Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) merupakan jurusan tertuan dan pertama yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, pada saat dibuka jurusan PPA tercatat mahasiswa yang masuk pada jurusan ini berjumlah 96 orang mahasiswa. Hingga saat ini, jurusan ini merupakan jurusan dengan jumlah peminat terbesar dibanding jurusan-jurusan lain yang ada di Fakkultas Dakwah dan Komunikasi. Hal ini dapat ditunjukan dengan terus meningkatnya peminat yang memilih jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).
            Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di-design sebagai respon terhadap meningkatnya kebutuhan institusi pendidikan profesional. Jurusan ini diharapkan mampu menghasilkan sarjana yang memiliki pengetahuan dan keahlian praktis di bidang Komunikasi dan Penyiaran yang dengan landasan spiritualisme islam.
Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki mahasiswa selain diperoleh di bangku kuliah juga dapat secara langsung diperoleh dari pengalaman partisipasinya baik di institusi-

institusi media massa (cetak maupun elektronika), institusi pemerintah, organisasi masa, perusahaan swasta, LSM dll.

Visi-Misi dan Tujuan Jurusan KPI
1.      Visi
Menjadikan program KPI terintegrasi alam keilmuan, keislaman & ketrampilan dibidang Komunikasi dan Penyiaran Islam melalui lisan, tulisan baik secara langsung maupun melalui media massa.

2.      Misi Jurusan KPI
a.      Menyampaikan ilai-nilai Islam melalui pengembangan ilmu maupun keteladanan akhlak mulia.
b.      Memberikan pemahaman yang jelas tentang ajaran Islam yang sebenarnya.
c.       Mengembangkan keilmuan Komunikasi dan Penyiaran Islam melalui kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan Jurusan KPI
a.      Program KPI bertujuan untuk menyiapkan peserta didik mempunyaikemampuan komunikasi dan dakwah secara profesional, baik lisan ataupun tulisan.
b.      Berkepribadian Islam yang dapat menjadi teladan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
c.       Menguasai dasar-dasar methodologi Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam sehingga mampu mengembangkan dsn bertindak sebagai sarjana KPI.
d.      Memahami asas-asas pengelolaan KPI melalui media tradisional/modern serta mampu bekerja sesuai keahliannya.



0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates